Resep dan Cara Membuat Cilok Enak dan Nikmat

blogger templates

Resep dan Cara Membuat Cilok Enak dan Nikmat

Resep Membuat Cilok – Cilok adalah merupakan salah satu makanan tradisional khas asal jawa barat. Makanan yang berbahan dasar tepung kanji ini banyak disukai orang, khususnya oleh anak-anak. Dengan bahan-bahan yang sebenarnya terhitung sederhana saja namun dengan tambahan bumbu pelengkap berupa saus kacang dan kecap, ternyata dapat membuat makanan ini menjadi sangat enak untuk disantap. Tertarik untuk membuatnya ? kalau gitu berikut ini kami akan mengshare resep membuat cilok khusus buat anda pembaca setia resepmasakankhas.com. Berikut adalah bahan dan cara membuat cilok.
Resep Membuat Cilok Enak
Bahan Membuat Cilok :
170 gr tepung terigu
80 gr tepung aci (kanji)
200-210 ml air mendidih
1/4 sdt garam
1 siung bawang putih, parut
1/4 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica
Sejumput gula
1 tangkai daun bawang, iris halus
Bahan Saus Kacang :
150 gram kacang tanah (digoreng kemudian dihaluskan)
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh cuka
air secukupnya
garam secukupnya
Cara Membuat Saus Kacang :
Campur kacang tanah (yang sebelumnya sudah dihaluskan) dengan gula pasir, cuka, air dan garam. Kemudian panaskan sebentar sampai mendidih dan mengental. Jika ingin terasa pedas, bisa dicampurkan sedikit cabai yang telah dihaluskan.
Cara Membuat Cilok :
  • Langkah pertama, campurkan tepung kanji dengan semua bahan, kecuali air, lalu aduk hingga rata. Kemudian Kucuri dengan air mendidih, lalu aduk dengan menggunakansendok kayu (karena masih panas), apabila sudah agak dingin, bisa dilanjutkan dengan mengaduk memakai tangan.
  • Langlah kedua. ambil sedikit adonan, kemudian bentuk menjadi bulat. Lalu masukan ke dalam panci dengan air yang sudah mendidih. Lalu masak sampai mengapung. biarkan dulu sejenak ( (jangan langsung diangkat) ) untuk memastikan bahwa bagian dalamnya matang hingga merata. Lakukan terus secara berulang sampai adonan habis.
  • Terakhir, angkat semua bola aci, lalu kukus selama sekitar 10 menit. Setelah itu ambil dan langsung ditusukan ke dalam tusukan bambu atau lidi. Kemudian sajikan bersama dengan bumbu kacang yang sebelumnya telah dibuat.
Nah demikianlah resep singkat yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai resep membuat cilok. Jika anda suka dengan resep cilok tersebut dan ingin tahu resep masakan lainnya yang juga tak kalah nikmatnya, anda bisa mencoba resep berikut : Resep Membuat Tahu Brintik dan Resep Mmbuat Sale Pisang

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Cilok Enak dan Nikmat"

Posting Komentar