Cara Membuat Susu Kedelai yang Sederhana

blogger templates
Cara Membuat Susu Kedelai yang Sederhana- Hallo sahabat-sahabat Chef Tanto Jumpa lagi dengan saya. kali saya akan berbagi resep atau cara membuat susu kedelai yang simple.



Kedelai memang sangat kaya akan nilai Gizinya, kedelai juga memiliki banyak fungsi diantaranya adalah bisa di buat tempe, tahu, susu kedelai dll, tapi kali ini saya akan membahas tentang cara membuat susu kedelai. jika anda berminat untuk membuat susu kedelai silahkan baca panduan-panduan di bawah ini.

Memebuat susu kedelai tidak sesusah yang kita bayangkan, tapi sangat mudah sekali. oke langsung saja kita ke pokok pembahasan Cara membuat susu kedelai yang sederhana.

  1. Siapkan terlebih dahulu peralatan yang mau digunakan
  2. Pilihlah kedelai yang bermutu baik, bersihkan dari kotoran, dan cuci dengan air bersih.
  3. Setelah bersih, kedelai direbus selama kurang lebih 15 menit, lalu direndam dengan air jernih selama12 jam (semalam).
  4. Setelah direndam semalam, kedelai dicuci kembali dengan air bersih sambil diremas-remasagar kulit arinya terkelupas. Setelah semua kedelai bersih dari kulitnya, kemudian kedelai dihancurkan sampai halus dengan penggiling (blender) sambil ditambahkan airsedikit demi sedikit.
  5. Kedelai yang sudah halus dicampur dengan air panas secukupnya dan diaduk sampai rata, lalu disaringdengan kain saring untuk memperoleh filtratnya.
  6. Filtrat yang diperoleh ditambah bahan kimia NaP04, gula pasir, dan perasa, lalu disaring dan dipanaskan kembali (suhu 80 derajat Celcius), tetapi jangan sampai mendidih. Selama pemanasan filtrat diaduk sampai rata, selain berguna untuk melarutkan gula juga mencegah agar filtrat tidakmendidih.
  7. Setelah dirasa bau kedelai telah hilang dan tergantikan dengan bau perasa, maka susu kedelai dapat dimasukkan ke dalam botol yang sudah disterilkan sebelumnya.Kemudian botol-botol yang berisi susu ini dimasukkan ke dalam panci yang berisikan airmendidih selama 10 - 15 menit, hingga suhu dalam botol mencapai 70 - 80 derajat Celcius. Pemanasan ini berguna untuk mengeluarkan udara (exhausting), setelah itu botol ditutup rapat dengan menggunakan alat penutup botol.
  8. Selanjutnya, botol dimasukkan dalam panci yang berisi air mendidih selama + 15 menit, kondisi botol harus terendam seluruhnya. Kemudian botol diangkat dan didinginkan pada suhu ruang. Susu kedelai siap diminum.
itulah cara-cara membuat susu kedelai yang sederhana. bahan dan cara-carnya cukup sederhana maka jangan takut untuk mencobanya. jika ada pertanyaan tentang resep cara membuat susu kedelai di atas anda bisa bertanya langsung ke saya lewat kolom komentar di bawah ini.

selamat berkreasi sendiri di rumah... 


0 Response to "Cara Membuat Susu Kedelai yang Sederhana"

Posting Komentar